Friday, March 4, 2016

Ringkasan Informasi Pengobatan Kanker/ Tumor

Dokumen ini berisi ringkasan berbagai pengobatan kanker/ tumor, seluruh informasi pada tulisan ini dikumpulkan dari hasil sharing anggota group Facebook Canceria & Tumoria + referensi lain yang mendukung, dokumen ini akan diusahakan terus up to date, dengan tujuan membantu penderita kanker/tumor mendapatkan informasi yang dibutuhkannya sehingga dapat memilih langkah pengobatan yang terbaik sesuai dengan kasus yang dialami.


Banyak faktor yang mempengaruhi dalam usaha penyembuhan, tidak ada satu pun jenis pengobatan yang cocok untuk semua kanker/ tumor. Suatu pengobatan mungkin berhasil untuk seseorang tetapi tidak berhasil untuk yang lain sekalipun memiliki jenis kanker/ tumor yang serupa. Di sini juga pentingnya sharing pengalaman (baik yang berhasil maupun tidak dengan pengobatan tertentu) yang jujur dan tulus untuk membantu orang lain agar dapat menentukan pilihannya sendiri. Gunakan informasi di sini sebagai referensi dan bahan pertimbangan untuk mencoba satu atau lebih jenis pengobatan, lihat dan nilai perkembangannya dengan realistis sampai menemukan pengobatan yang terbaik.

Operasi/ Bedah

Pada sebagian besar kasus tumor/ kanker, operasi adalah tindakan yang disarankan medis tetapi tidak langsung dapat diterima oleh pasien. Apa pun keputusan yang akan diambil, pasien perlu memahami penyakitnya dari analisis dan tindakan medis. Beberapa  hal yang perlu diperhatikan:


  • Konsultasikan dengan dokter yang terpercaya, lebih baik jika dokter yang memiliki reputasi baik dalam menangani kasus yang sama.
  • Dapatkan opini dari dua atau lebih dokter yang berbeda.
  • Bagi yang telah melakukan biopsi, sebaiknya tetap lakukan cek dan penanganan medis.
  • Dapatkan informasi mengenai tahapan-tahapan pra operasi, saat operasi, dan pasca operasi, termasuk treatment apa saja yang diperlukan, juga informasi mengenai risiko atau kemungkinan terburuk operasi tersebut.
  • Operasi biasanya membutuhkan biaya relatif besar. Beberapa usaha yang bisa ditempuh untuk meringankan biaya jika memutuskan untuk operasi antara lain: jika memiliki asuransi/ askes/ jamkesda/ jamkesmas, cari info bagaimana prosedur agar biaya dapat diklaim. Bandingkan juga dengan alternatif operasi di luar negeri (Malaysia, dst) yang mungkin biayanya bisa lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Rekomendasi dokter:
Prof. Dr. Eka J. Wahjoepramono di Siloam Hospitals - Karawaci Tangerang (untuk kasus bedah saraf/ tumor otak).
dr. Setyo Widi di Eka Hospital - BSD Tangerang atau RSCM Jakarta (untuk kasus bedah saraf/ tumor otak).

Radiosurgery

Radiosurgery dilakukan tanpa pembedahan, melainkan dengan memberikan radiasi pada daerah tumor, tetapi umumnya hanya bisa dilakukan pada tumor yang relatif kecil, kurang dari 3 cm.

Pilihan radiosurgery di Indonesia:
Teknologi Gamma Knife untuk tumor otak di Siloam Hospitals - Karawaci Tangerang.
Teknologi Stereotactic Radiosurgery (SRS) di RSCM Jakarta.

Dokter/ Herbalis Paulus Wahyudi Halim

Dokter/ herbalis Paulus menangani pasien dengan berbagai penyakit, mayoritas adalah penderita kanker. Pemeriksaannya dengan menggunakan metode yang dinamakan dengan radiesthesi medis, dengan pengobatan menggunakan ramuan herbal. Radiesthesi adalah kepekaan menerima sinyal unik berupa radiasi atau gelombang elektromagnetik dari pasien untuk mendiagnosis penyakit dan menentukan obatnya. Untuk menerima sinyal digunakan media seperti pendulum, dr. Paulus sendiri menggunakan alat sejenis antena.

Untuk kasus tertentu, dr. Paulus memberikan pantangan makan makanan tertentu, misalnya pantang daging merah, kuning telur, ikan air tawar, buah musiman, dll tergantung kasusnya.

Tips:

  • Bawa KTP/ kartu identitas lainnya (harus), hasil scan medis jika ada.
  • Siapkan daftar pertanyaan dan aktif bertanya karena dokternya agak pasif.
  • Tetap cek medis secara berkala karena ada analisis beliau yang cocok dengan hasil cek medis untuk beberapa kasus, tetapi tidak cocok untuk kasus lainnya.
  • Untuk pasien yang tidak dapat datang, dapat diwakili dengan membawa foto pasien.

Biaya:
Konsultasi gratis.
Biaya obat tergantung obatnya, kisaran 1jt - 3jt/ bulan.
+ Dari pengalaman pasien, ada yang membaik/ sembuh dengan pengobatan beliau.
- Ada juga pasien yang tidak membaik.

Alamat:
Perumahan GriyaLoka
Jl. Suplir Blok F1/13 Sektor 1.5
Bumi Serpong Damai
Telp. 021 5380639/5382114


Doktor Warsito P. Taruno/ Edwar Technology

Dr. Warsito adalah penemu alat pembasmi kanker dengan teknologi tomografi untuk berbagai jenis kanker/ tumor. Penerapan teknologi ini pada kanker/ tumor masih dalam tahap riset tetapi telah banyak diuji coba pada pasien. Mula-mula pasien akan di-scan dengan alat ECVT untuk mendeteksi jumlah sel kanker berdasarkan warna/ angka, jika dibawah 0.1 kategori tumor jinak, di atas 0.3 kategori ganas. Tidak semua jenis kanker dapat di-scan (misalnya kanker paru, kanker usus), alat scan tersebut juga tidak menunjukkan ukuran tumor.

Kemudian akan dipersiapkan alat yang dipakai pada bagian tumor/ kanker, berbentuk helm untuk tumor/ kanker otak, rompi untuk tumor/ kanker payudara, atau berbentuk selimut. Alat ini ada kemungkinan rusak saat penggunaan. Untuk test apakah alat bekerja atau tidak saat digunakan di rumah, anda dapat membeli alat detektor seharga Rp. 350.000.

Tips:

  • Bawa hasil scan medis jika ada.
  • Tetap cek medis secara berkala.

Biaya:
Rp. 150.000 untuk konsultasi dan scan.
Untuk alat tergantung jenisnya. Untuk rompi Rp. 6.000.000.
+ Dari pengalaman pasien, ada yang membaik/ sembuh.
- Ada juga pasien yang tidak membaik.

Alamat:
Jl. Jalur Sutera Kavling Spektra 23C No.10-11 (Ruko Baru)
Alam Sutera, Tangerang 15235 Indonesia
Telp. (021) 2931 5020, 021) 2931 5051, (021) 2931 5015


Jadwal:
- Senin s/d Jumat, jam 08:00 - 15:00 WIB.
- Sebaiknya datang sebelum jam 14:00 WIB.

Website: http://www.c-techlabs.com/

Semesta Alam

Di group Canceria & Tumoria ada bapak Semesta Alam yang juga menangani pasien dengan pengobatan ramuan herbal dan beberapa kali memberikan informasi kondisi pasiennya, juga memberikan resep ramuan herbal dan konsultasi pada beberapa member, hanya saja waktunya terbatas untuk menjawab semua pertanyaan. Beliau berdomisili di Medan.

 Hidup Sehat ala Dr. Hiromi Shinya

Dr. Hiromi Shinya adalah penulis buku "The Miracle of Enzyme" dan beberapa buku kesehatan lainnya. Berikut adalah ringkasan 7 kunci emas hidup sehat menurut beliau:

  • Menu makan yang baik. Yaitu 85-90% makanan nabati, 10-15% protein hewani. Makanan yang perlu dihindari atau dibatasi adalah produk susu seperti susu sapi, keju, yoghurt, teh hijau jepang [?], teh cina [?], teh hitam Inggris, kopi, makanan yang manis-manis dan gula, nikotin, alkohol, cokelat, lemak dan minyak, garam meja biasa (gunakan garam laut yang mengandung mineral). Berhenti makan dan minum 4-5 jam sebelum tidur, kunyah setiap suap 30-50 kali.
  • Air yang baik. Minumlah air yang memiliki kekuatan reduksi yang besar, yang belum terpolusi zat kimia, mengonsumsi air yang baik seperti air mineral atau air sadah, yang mengandung banyak kalsium dan magnesium, menjaga tubuh pada pH basa yang optimal. Orang dewasa minum setidaknya 6-10 gelas air setiap hari, minum 1-3 gelas air setelah bangun pagi, 2-3 gelas sekitar 1 jam sebelum makan.
  • Pembuangan yang teratur. Tetapi jangan gunakan obat pencahar.
  • Olahraga secukupnya. Olahraga sesuai dengan usia dan kondisi fisik. Beberapa jenis olahraga yang bagus adalah berjalan kaki (4 km), berenang, tenis, bersepeda, golf, penguatan otot, yoga, bela diri, aerobik.
  • Istirahat yang cukup. Tidur pada waktu yang sama setiap malam dan dapatkan 6-8 jam tidur tanpa terputus. Lakukan tidur singkat setelah makan siang sekitar 30 menit.
  • Bermeditasi dan berpikir positif. Tarif nafas dalam-dalam dari perut 4-5 kali/ jam. Membuang nafas harus 2 kali lebih panjang daripada menarik nafas, ini sangat penting karena menarik nafas dalam-dalam membantu menyingkirkan racun dan radikal bebas dari tubuh. Kenakan pakaian longgar yang tidak menyesakkan nafas. Dengarkan tubuh anda sendiri dan perlakukan diri anda baik-baik.
  • Kebahagiaan dan cinta. Luangkan waktu setiap hari untuk sikap menghargai, tertawalah, bernyanyilah.


Dokter Tan Shot Yen

dr. Tan Shot Yen adalah dokter wanita yang menangani pasien dengan berbagai penyakit, ia juga menulis beberapa buku kesehatan. Dr. Tan tidak mudah memberikan obat pada pasiennya karena ia lebih menekankan pada gaya hidup sehat, ia menekankan pada raw food, beberapa pandangannya serupa dengan Dr. Hiromi Shinya, misalnya mengenai pentingnya enzyme pada sayuran mentah yang dicuci bersih, atau menghindari susu binatang seperti susu sapi.

Untuk kasus penderita ca payudara masih boleh makan tahu, tempe, tauge dalam jumlah terbatas, misalnya seminggu sekali, yang harus dihindari adalah karbohidrat, pati, gula. Kebutuhan akan karbohidrat, protein dan lemak bisa didapatkan dari sayuran dan buah-buahan, ayam kampung/ ikan dan juga virgin olive oil.

+ Banyak pasien yang kena stroke, diabetes, kondisinya membaik.

Alamat:
Dr. Tan Wellbeing Clinic
Gedung Perkantoran CBD, BSD City, blok G/22
Serpong 15310,Banten, Indonesia

Makanan Sehat

Di group juga sering membicarakan pola makanan sehat. Antara lain:

Makanan yg dianjurkan:

  • Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam,brokoli,sawi hijau, kailan, katuk, kenikir, daun dewa, sambung nyawa.
  • Sayuran berwarna hijau muda: selada, daun bawang.
  • Sayuran berwarna terang: kubis, bunga kol, lobak, wortel, kentang, rebung, ubi.
  • Sayuran buah: tomat, terong, gambas, mentimun, pepaya muda, labu siam, kacang-kacangan, jagung.
  • Buah-buahan: apel, pepaya, tomat, jeruk, jambu biji, mangga.
  • Aneka jamur.
  • Lauk pauk: kacang-kacangan, tahu, tempe, ikan, telor ayam kampung, ayam kampung. Singkatnya untuk mudah diingat, semakin banyak kakinya semakin dihindari, sebaliknya semakin sedikit kakinya semakin dianjurkan.
  • Jangan menggunakan alat masak aluminium, teflon  [?] atau plastik. Gunakan yg stainless, kaca atau keramik. Pejuang kanker setiap hari harus minum juice buah dan sayur dari 1 kg bahan (wortel, apel, tomat, bayam, brokoli dsbnya) tanpa air. Ini meningkatkan kadar antioksidan dan enzyme-enzyme tubuh untuk membunuh sel kanker.
  • Diet pantangan yang harus dihindari pejuang kanker yaitu: makanan yg menimbulkan alergi (merangsang produksi lendir yang merupakan "makanan" kanker): Sayuran. Misalnya tauge: meningkatkan daya tumbuh kanker. Sawi putih, kangkung: mengurangi daya serap obat. Cabai: meningkatkan aktivitas bawah sadar sehingga menghabiskan persediaan oksigen.Seafood: udang, kerang, cumi, kepiting: lemak tinggi. Daging: kambing, sapi, kerbau, babi: berlemak dan membuat tubuh asam. Ayam, bebek, kalkun, burung: disuntik hormon. Kulit, jeroan: tempat berkumpul racun-racun. Makanan yang dipanggang dan digoreng minyak jelantah. Makanan yang mengandung: pengawet, pewarna, perasa, zat-zat kimia, karena memicu kanker.
  • Gula adalah makanan sel kanker, mengurangi makan gula adalah salah satu cara terpenting untuk tidak memberi makan sel kanker. Gula tebu dan madu adalah yg terbaik.
  • Susu membuat tubuh memproduksi jamur/ mucus, terutama di gastro intestinal tract. Kanker memakan jamur/ mucus, jadi kurangilah minum susu dan menggantinya dng soy milk yg tdk manis.
  • Sel kanker senang dengan kondisi acid/ asam jadi makan daging tidak baik untuk seseorang dengan sel kanker, sebaiknya makan ikan atau sedikit daging ayam.
  • Makan buah-buahan sangat baik untuk membantu tubuh membuat suasana basa dan meningkatkan sel sehat.
  • Mengurangi minum kopi, teh, coklat. Green tea adalah alternatif yg baik, air adalah yg terbaik. Hindari minum soda atau distilled water karena mengandung asam.

Catatan:
[?]  Kalimat dengan tanda ini masih kontradiksi atau memerlukan sumber yang akurat.

https://www.facebook.com/groups/canceria.tumoria/

1 comment: